Tips Cara Merawat Sapi Agar Cepat Gemuk

Tips Cara Merawat Sapi Agar Cepat Gemuk


Tips Cara Merawat Sapi Agar Cepat Gemuk
Gambar Sapi

Sapi merupakan hewan pedaging yang sangat menguntungkan, seluruh bagian tubuhnya mulai dari daging hingga kulit dapat kita manfaatkan. Ternak sapi pun menjadi bisnis usaha yang menjanjikan karena permintaan pasar yang tidak ada matinya. Namun ada diantara peternak yang masih bingung cara untuk menggemukkan sapi mereka. Hal ini menjadi penting karena daging yang sehat dan banyak di dalam tubuh sapi dapat menghadirkan keuntungan yang berlipat.  Padahal caranya sangat mudah dan simpel, berikut ulasan cara merawat sapi agar cepat gemuk yang harus peternak tahu.

4 Cara Merawat Sapi Agar Cepat Gemuk, Para Peternak Wajib Tahu

1. Memberi Pakan Berkualitas

Cara merawat sapi agar cepat gemuk yang pertama adalah pemilihan pakan yang harus tepat. Pilihlah pakan yang berkualitas agar terjamin nutrisi dan vitamin yang didapatkan oleh sapi. Dari pakan berkualitas inilah nantinya sapi akan tumbuh maksimal dengan daging yang bermutu. Daging sapi dengan mutu yang kurang baik akan menurunkan harga jualnya serta menyebabkan konsumen beralih minat ke produsen daging sapi lainnya. Anda juga bisa memberikan pakan alternatif seperti rumput segar dan kacang kacangan misalnya lamtoro, kaliandra dan gamal yang bergizi bagi sapi.

2. Beri Jamu-Jamuan Alami

Cara merawat sapi agar cepat gemuk selanjutnya adalah dengan memeberikannya jamu-jamuan dari bahan-bahan alami yang sudah sejak lama menjadi rahasia para ternak sapi. Dipilih jamu alami karena lebih jelas cara pembuatannya dibandingkan suplemen penggemuk sapi yang ada di pasaran. Anda cukup mencampurkan sarang burung walet yang dicampurkan dengan parutan kunyit. Kemudian racikan ini anda masukan ke kelobot jagung untuk memudahkan anda memasukkannya ke dalam mulut sapi. Kandungan kunyit dalam jamu dapat meningkatkan nafsu makan serta terdapat beberapa nutrisi dan vitamin penggemuk alami yang terkandung juga dalam sarang walet.

3. Jadwal Pemberian Pakan Yang Teratur

Cara merawat sapi agar cepat gemuk bukan sekedar memberi pakan dengan jumlah yang banyak, namun cenderung ke pemberian pakan yang tepat waktu. Pemberian yang terlalu banyak juga akan mengganggu sistem pencernaan sapi sehingga menghambat proses perkembangan tubuhnya. Setiap harinya, sapi harus diberikan pakan 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan malam. Untuk pemberian suplemen atau jamu dapat anda lakukan setiap 3 kali sehari. Pemberian jamu yang terlalu banyak juga dapat memberikan efek yang kurang baik terhadap pencernaan sapi.

4. Mandikan Sapi Dan Bersihkan Kandang

Salah satu syarat untuk menjaga kesehatan sapi adalah dengan rutin menjaga kebersihan tubuh dan kandang sapi. Apabila sapi tidak dimandikan, maka akan menyebabkan penyakit kulit sedangkan kandang yang tidak dibersihkan akan mengganggu kenyamanan sapi. Selain itu, lingkungan di sekitar kandang sapi yang tidak dibersihkan akan tercemar sehingga menimbulkan berbagai penyakit seperti, demam berdarah. Maka dari itu perlu manajemen kebersihan yang baik untuk kandang sapi agar tetap bersih dan sehat. Kotoran sapi juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan pembuatan kompos yang memiliki nilai jual.

Itulah beberapa hal mengenai cara merawat sapi agar cepat gemuk yang harus diperhatikan. Sapi yang gemuk akan memiliki nilai finansial yang menjanjikan, selain dagingnya banyak, pastikan kualitas dagingnya juga terjaga. Memang cara untuk merawat sapi agar gemuk cukup susah, namun dengan ketelatenan pasti anda bisa mengatasinya dengan baik. Sapi yang gemuk karena mempunyai nafsu makan yang tinggi merupakan sapi yang sehat dan layak konsumsi. Jadi pastikan ternak sapi anda memiliki nafsu makan yang tinggi dan badan yang sehat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment