5 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bagus Atau Tidak

5 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bagus Atau Tidak


5 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bagus Atau Tidak
Mobil Tua

Bagi anda yang menginginkan membeli mobil namun tidak memiliki cukup dana, ada baiknya untuk membeli mobil bekas. Selain murah anda juga bisa mendapatkan mobil bekas namun dengan kualitas yang masih baru. Untuk mengetahuinya anda perlu memiliki keterampilan khusus dalam bidang otomotif. Namun hal itu tidaklah sulit, berikut adalah tips jitu mengecek kondisi mesin mobil apakah masih bagus atau tidak,

5 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bagus Atau Tidak Yang Harus Anda Tahu

1. Saat Starter Mobil

Tips jitu mengecek kondisi mesin mobil yang pertama adalah mendengarkan dan merasakan kondisi mobil sesaat setelah dilakukan starter. Mesin mobil yang masih bagus mempunyai suara starter yang halus dan cenderung konstan. Mobil dengan kondisi yang masih bagus juga tidak akan mengalami kesusahan atau tersendat-sendat apabila dinyalakan. Mobil yang memiliki ciri tersebut bisa jadi mengalami gangguan di bagian akinya atau juga karena tersumbatnya komponen mesin akibat kotoran dan debu.

2. Keadaan Speedometer

Tips jitu mengecek kondisi mesin mobil selanjutnya yaitu dengan memperhatikan semua yang ada di dashbor, khususnya penunjuk kecepatan. Mobil dengan kondisi mesin masih baik memiliki gerakan jarum speedometer sesuai tarikan gas yang anda berikan. Anda hanya perlu melakukan beberapa gas secara perlahan dan lihat apakah pergerakan jarum speedometer sesuai atau tidak. Jika tidak maka bisa jadi mobil mengalami masalah di dalam mesinnya.

3. Suara Dan Getaran Mesin

Mesin mobil yang masih bagus memiliki suara yang lembut dan halus. Lain kalau memang mesin mobil tersebut mengalami masalah. Mesin mobil akan terdengar banyak sekali macam ketukan dan beberapa suara gesekan yang berasal dari komponen besi. Perhatikan juga beberapa getaran tak wajar sesaat mesin mobil dihidupkan. Jika ada, maka bisa jadi mobil memiliki masalah pada bagian mesin.

4. Kondisi Knalpot Saat Dihidupkan

Kondisi knalpot yang baik, memiliki ciri-ciri tidak mengeluarkan asap yang banyak. Jika knalpot mobil memiliki keluaran warna hitam, hal ini membuktikan bahwa mobil memiliki masalah dalam sistem pembakaran bahan bakarnya sehingga kurang maksimal. Jika knalpot mengeluarkan asap berwarna putih maka bisa jadi ada kebocoran oli di dalam sistem pembakaran oli. Hal ini menyebabkan pemakaian bahan bakar yang semakin boros. Pilihlah mobil dengan knalpot yang memiliki emisi asap sedikit, hal ini menunjukan kalau sistem pembakaran bahan bakar bekerja dengan baik.

5. Lakukan Test Drive

Tips jitu mengecek kondisi mesin mobil yang terakhir adalah lakukan test driving yang lumayan lama. Hal ini bertujuan agar anda dapat melihat dan merasakan apakah ada sistem yang tidak beres di dalam mobil tersebut. Anda bisa mengecek performa mesin saat sudah panas, performa rem apakah masih pakem, serta sistem transmisi apakah masih baik atau tidak. Pada saat pengecekan test drive disarankan untuk tidak terburu-buru, agar anda bisa lebih mengeksplor keadaan mobil yang anda kendarai.

Itulah beberapa tips jitu mengecek kondisi mesin mobil bagus atau tidak yang bisa kita bagikan. Tak hanya pada saat membeli mobil yang bekas. Tips ini juga disarankan untuk anda yang ingin membeli mobil baru. Karena banyak di luar sana penjual nakal yang mengaku menjual mobil baru namun ternyata mobil yang dijual adalah bekas. Pastikan anda menjadi pembeli yang lebih pintar dan tahu seluk beluk mobil yang akan anda pilih agar tidak menjadi korban penipuan pihak penjualan.www.masprasis.me
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment